Minggu, 30 Mei 2010

HP Mendaur Ulang Plastik Menjadi Katrid Printer Inkjet

hp_recycle.jpgLangkah inovatif dilakukan oleh perusahaan IT Hewlett-Packard (HP) dengan mendaur ulang sampah plastik katrid inkjet melalui sistem Closed Loop. Hingga kini HP telah menghasilkan 200 juta katrid dari olahan sampah plastik. Sebanyak lima juta pound plastik yang telah didaur ulang hingga menghasilkan katrid tinta selama 2007. Di tahun ini, HP menargetkan jumlah katrid yang diproduksi mencapai dua kalinya.

HP memulai program daur ulang sampah plastik melalui program Planet Partners. Katrid inkjet HP bekas yang telah terkumpul kemudian didaur ulang. Berbeda dengan proses daur ulang biasa, proses pengolahan HP Planet Partners mencakup beberapa tahapan yang kompleks. HP mengombinasikan plastik dari katrid inkjet dengan olahan botol plastik ditambah material lain sehingga memenuhi standar yang ditetapkan HP.

Jumlah katrid tinta bekas yang didaur ulang bervariasi sekitar 70 – 100 persen dari total plastik yang digunakan. Meski demikian, reliabilitas atau keandalan hasil dari proses daur ulang tersebut telah diuji agar memenuhi SOP (standard operating procedure) yang telah ditetapkan HP.

“Dengan mengembangkan teknologi daur ulang sampah plastik di dalam katrid tinta orisinil HP, kami turut mengurangi dampak pencemaran lingkungan oleh produk HP di bumi,” tutur Michael Hoffmann, senior vice president, Supplies, Imaging and Printing Group, HP. “Investasi yang telah ditanam HP dengan membangun infrastruktur daur ulang merupakan awal dari tujuan jangka panjang kami.”

Langkah yang dilakukan HP agar produk katrid tintanya tidak merusak lingkungan adalah dengan melakukan manajemen lifecycle (masa pakai). Dengan mendaur ulang sampah produknya, HP mampu mengurangi efek pencemaran sekaligus meningkatkan efisiensi penggunaan bahan baku.

Program HP Planet Partners menampung katrid bekas dari para pemilik printer inkjet HP. Program ini telah digelar di lebih dari 45 negara di seluruh dunia. Katrid yang terkumpul dipastikan tidak akan digunakan kembali sebagai katrid isi ulang, dijual kosongan, atau dibuang begitu saja ke tempat pembuangan akhir (TPA) namun langsung diolah menjadi produk baru lagi. Sebuah langkah bijak yang patut ditiru vendor printer lainnya.



http://insideit.wordpress.com/2008/02/05/hp-mendaur-ulang-plastik-menjadi-kartrid-printer-inkjet/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar